Sabtu, 20 Februari 2016

Pengenalan Behavior pada Construct 2

Pengenalan Behavior pada Construct 2

Tutorial Construct 2 [ Part 2 ]
Behavior Construct 2

Behavior adalah sifat yang dapat ditambahkan pada setiap object sesuai dengan keinginan anda. Ada berbagai macam behavior yang ada pada Construct 2, berikut ini adalah macam – macam Behavior dan fungsinya yang telah saya rangkum. Monggo disimak.

8 direction

Behavior Construct 2




Untuk membuat object dapat dikontrol untuk bergerak ke kanan, kiri, atas, bawah.

Anchor

Behavior Construct 2




Berfungsi untuk memposisikan objek secara otomatis agar sesuai dengan ukuran layar, hal ini berfungsi untuk mendukung berbagai ukuran layar.

Bound to Layout
Behavior Construct 2




Berfungsi agar obyek tidak keluar dari layar game. Jika anda membuat suatu object tanpa menggunakan Bound to Layout, maka jika object tersebut digerakkan terlalu kekiri atau terlalu kekanan object tersebut akan keluar dari layar. Tidak lucu kan kalau saat sedang bermain game tiba – tiba object nya hilang :D

Bullet
Behavior Construct 2




Berfungsi untuk membuat object maju lurus kedepan, ini biasa digunakan untuk peluru, tetapi bullet juga mempunyai opsi tambahan seperti gravitasi dan memantul yang digunakan untuk membuat object seperti bola yang memantul, selain biasa digunakan untuk peluru, bullet juga dapat digunakan untuk object sebagai musuh yang selalu bergerak secara otomatis

Car
Behavior Construct 2




Berfungsi untuk membuat object dapat bergerak maju mundur belok kanan, kiri seperti memiliki kemudi, car biasanya digunakan untuk game yang bertema tentang kendaraan atau balapan

Custom movement
Behavior Construct 2




Membuat obyek dapat bergerak sesuai kebiasaan (event based) movement.

Destroy outside
Behavior Construct 2




Menghancurkan obyek setelah keluar dari layar utama game. Jika anda melihat peluru yang menghilang setelah keluar dari layar pada game, itu sebenarnya tidak menghilang, peluru itu akan tetap maju secara terus menurus dan jika hal ini dibiarkan lama kelamaan akan membuat loading game jadi berat. Untuk menghindari hal tersebut maka gunakanlah Destroy Outside Behavior yang akan menghancurkan object secara otomatis setelah keluar dari layar

Drag and Drop
Behavior Construct 2




Berfungsi untuk memberikan sifat pada object agar dapat ditarik dan diposisikan sesuai keinginan dengan mengklik atau menyentuh obyek tersebut  kemudian dapat dilepaskan jika posisi object sudah sesuai dengan yang anda inginkan dengan melepas klik atau sentuhan anda.

Fade
Behavior Construct 2




Memberikan sifat pada object agar dapat memudar dan menghilang secara otomatis. Contohnya : jika anda menembak musuh dan tembakan tersebut mengenai musuh, maka akan keluar api dan api tersebut akan memudar dan menghilang secara otomatis.

Flash
Behavior Construct 2




Membuat object dapat terlihat untuk beberapa saat lalu menghilang untuk beberapa saat kemudian muncul lagi sesuai waktu yang telah anda set  dan akan terus berulang – ulang (seperti berkedip).

Jump-thru

Behavior Construct 2




Untuk membuat suatu pijakan dapat dipijak dan dapat ditembus dari bawah, ilustrasinya seperti gambar dibawah ini
Behavior Construct 2



Solid
Behavior Construct 2




Membuat suatu obyek dapat dipijak, sama seperti jump-thru. Namun, solid tidak dapat ditembus dari bawah. Ilustrasinya seperti gambar dibawah ini
Behavior Construct 2

Line-of-Sight
Behavior Construct 2




Berfungsi untuk membatasi jarak pandang object. Seperti pada game peperangan, biasanya ada object yang menghalangi jarak pandang object pemain untuk melihat musuh. Missal terhalang tembok, pohon dan lain sebagainya

No Save
Behavior Construct 2




Biasanya semua object dan tindakannnya akan disimpan dalam game, itu akan membuat loading game semakin lama semakin lambat. Dengan menggunakan no save behavior maka object yang telah dipasang no save behavior dan tindakan – tindakannya tidak akan disimpan dan tidak akan membuat loading game menjadi berat.

Path Finding
Behavior Construct 2




Berfungsi untuk membuat object sebagai pemain dapat menemukan jalan tercepat disekitar rintangan secara cepat.

Persist
Behavior Construct 2




Membuat object dapat mengingat tata letak yang berbeda pada saat ditinggalkan kemudian kembali lagi ke tempat tersebut. Object yang menggunakan persist behaviour disebut juga sebagai tata letak terus menerus. Ibaratnya, disaat anda telah menghancurkan dinding kemudian meninggalkannya, maka saat anda kembali lagi ke tempat tersebut kondisinya sama seperti saat anda tinggalkan (dindingnya tetap hancur)

Physics
Behavior Construct 2




Untuk contoh penggunaan physics behavior,  anda lihat saja pada game Angry Bird dimana reruntuhan gedung berjatuhan kebawah dan jika salah satu object pada gedung yang roboh tersebut menyentuh object lain (gedung lain) maka object yang tersentuh akan ikut bergoyang atau bahkan ikut roboh.

Pin
Behavior Construct 2




Object yang diberi Pin  Behavior akan memberikan kesan bahwa object tersebut telah disematkan atau menempel pada obyek lain.

Platform
Behavior Construct 2




Obyek yang diberi Platform Behavior berfungsi sebagai Pemain dalam game tersebut yang dapat digerakkan sesuai keinginan anda.

Rotate Behavior
Behavior Construct 2




Berfungsi agar game seolah-olah berputar

Shadow Caster
Behavior Construct 2

Memberikan efek shadow (bayangan) pada object yang diberi Shadow Caster Behavior. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini

Behavior Construct 2
Tanpa Shadow Caster

Behavior Construct 2
Menggunakan Shadow Caster

Sine
Behavior Construct 2




Dapat menyesuaikan object (seperti posisi, ukuran atau sudut). Seperti mebuat rumput bergoyang secara teratur dan terus menerus. Ini akan mempercantik tampilan game anda.

Timer
Behavior Construct 2




Berfungsi untuk memberikan batas waktu untuk pemain menyelesaikan permainan. Time Behavior digunakan hampir disetiap game.

Turret
Behavior Construct 2




Apakah anda pernah memainkan game contra? Jika pernah pasti anda melihat didalam game contra ada Tank yang dapat dinaiki dan mengikuti arah gerakan si object pemain. Nah, itulah fungsi dari Turret Behavior

Wrap
Behavior Construct 2




Ini berfungsi untuk me-repositions  object. Misal pada permainan Snake II milik nokia,  jika anda mengarahkan ularnya kebawah, maka setelah melewati batas ular tersebut akan muncul dari atas. Seperti itulah fungsi wrap.
Itulah pengenalan Behavior pada Construct 2 , untuk contoh yang lebih jelasnya silahkan anda lihat sendiri contoh yang ada pada Construct 2, caranya : klik File, lalu klik New , silahkan pilih contoh penggunaan behaviour yang anda ingin pelajari (Biasanya contoh - contohnya ada dibawah).
Baca juga Tutorial Construct 2 lainnya >>DISINI<<

1 komentar: